Jajaran Makanan Yang Harus Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Kebiasaan menunda makan tentu bisa berdampak buruk bagi sistem pencernaan Anda. Akibatnya, kadar asam lambung meningkat sehingga menimbulkan rasa sakit di perut. Tentu saja, pengidap gangguan ini dianjurkan untuk lebih memperhatikan waktu makan dan manajemen waktu. Selain soal waktu, jenis makanan yang Anda pilih juga tidak boleh sembarangan. Ini karena ada berbagai jenis makanan yang bisa memicu atau memperburuk kondisi.

Tentunya jika Anda memiliki masalah yang sama, sebaiknya Anda lebih berhati-hati dengan pilihan menu makanan Anda, terutama saat Anda berhenti berpuasa nanti. Pastikan menu tersebut aman dan tidak meningkatkan kadar asam lambung. Nah, inilah jajaran makanan yang harus dikonsumsi penderita asam lambung.

Roti Gandum

Roti gandum berserat tinggi memiliki sifat yang unik. Salah satunya adalah dapat membuat Anda kenyang lebih lama dibandingkan roti gandum utuh. Oleh karena itu, tak heran jika roti gandum sering dipilih sebagai menu samur atau buka puasa. Kandungan serat yang meningkat juga membantu penyerapan asam lambung.

Buah Pisang

Buah pisang adalah buah tropis. Buah ini tidak hanya manis tapi juga mengenyangkan. Ini adalah buah yang sehat dengan tekstur lembut dan kandungan nutrisi yang tinggi. Satu buah pisang memiliki pH 5,6 yang menetralkan kadar asam lambung dalam tubuh, sehingga ideal dikonsumsi setelah seharian berpuasa.

Kentang Tumbuk

Kentang merupakan salah satu alternatif sumber makanan pokok. Umbi-umbian ini lebih baik karena memiliki kandungan basa serta kandungan gula yang lebih rendah. Senyawa ini diketahui bermanfaat bagi penderita asam lambung karena dapat membantu menetralisir dan menekan penyakit.

Namun, Anda hanya boleh makan kentang tumbuk. Salah satu hidangan kentang yang paling direkomendasikan adalah mashed potato atau kentang tumbuk. Kentang tidak hanya mengurangi gejala asam lambung, tetapi juga mengembalikan energi yang hilang saat berpuasa.

Sayur Bayam

Tidak semua sayuran bisa dimakan oleh penderita asam lambung. Ini karena beberapa sayuran mengandung gas dan dapat meningkatkan kadar asam lambung. Sayuran seperti daun sawi, kol, lobak dan nangka muda sebaiknya dihindari.

Jadi, sayuran apa yang bisa dimakan penderita asam lambung? Jawabannya adalah sayur bayam. Alasannya tentu saja karena sayuran ini tidak mengandung gas seperti sayuran sebelumnya. Seng yang terkandung dalam bayam juga menekan sekresi asam lambung dan dikatakan mampu mencegah gejala asam lambung pada tahap awal.

Nasi Tim

Orang dengan gangguan pencernaan asam, tentu saja, dianjurkan untuk makan makanan yang lembut dan bertekstur lembut. Tujuannya untuk memperlancar kerja dan proses pencernaan di lambung.

Salah satu menu interrupt break yang memenuhi kriteria tersebut adalah nasi tim pada dasarnya nasi tim adalah nasi yang diolah dengan bahan lain dan dikukus dalam waktu lama, sehingga teksturnya jauh lebih lembut dan empuk.

Makanan Oatmeal

Makanan berserat tinggi, seperti oatmeal, juga direkomendasikan untuk penderita asam lambung. Oatmeal berserat tinggi dipercaya dapat menekan sakit perut.

Rahasianya adalah menyerap peningkatan keasaman untuk mengurangi gejala refluks asam dan mengembalikannya menjadi normal.

Daging Tanpa Lemak

Penderita asam lambung tidak dianjurkan makan daging berlemak. Juga saat mengolah daging dengan cara digoreng. Itu tidak berarti mereka tidak bisa makan daging sama sekali.

Namun, daging yang dapat diterima harus ramping. Misalnya, dada ayam yang sudah dikupas. Demikian juga, Anda harus memilih proses memasak yang lebih sehat, seperti mengukus, merebus, atau memanggang.

Share Post